-->

Merinding.!! Saat Roh sudah Berada di Tenggorokan Semua Mengucapkan Kata-kata Ini Pada Anggota Tubuh Lainnya

Dalam riwayat hadits, ada larangan tentang racun yang mematikan dan lima penawarnya, yaitu:

1.       Dunia dan kemewahannya adalah racun yang mematikan dan penawarnya adalah zuhud.
2.       Harta kekayaan dan adalah racun yang mematikan dan penawarnya adalah zakat.
3.       Perkataan adalah racun yang mematikan dan penawarnya adalah dzikir kepada Allah Swt.
4.       Umur adalah racun yang mematikan dan penawarnya adalah taat.
5.       Tahun seluruhnya adalah racun yang mematikan dan bulan ramadhan adalah penawarnya.

Ada sebuah keterangan dari hadits Nabi Saw. Ketika seorang hamba yang sedang naza’ (dicabut nyawanya), maka ada suara berseru dari sisi Allah Swt: tinggalkan, agar dia beristirahat sejenak.” Apabila sampi pada dada orang naza’, maka suara itu berseru lagi: “tinggalkan, agar dia beristirahat sejenak.” Begitupula ketika roh sudah sampai kepada kedua lutut dan pusar orang yang sedang naza’. Ketika roh sudah sampai pada tenggorokannya, datanglah suara: “tinggalkan hamba itu barang sejenak, agar anggota tubuhnya saling mengucapkan kata perpisahan satu dengan lainya. Maka mata yang satu mengucapkan selamat tinggal dengan mata yang lainnya dengan ucapan:

اسلام عليكم الى يوم القيامة

“semoga keselamatan tetap terlimpahkan kepadamu sampai hari kiamat.”
Begitu pula tangan, dua telinga dan kedua kaki saling mengucapkan salam perpisahan kepada jasad seperti diatas. Roh itu kemudian mengucapkan salam kepada jasad, semua mengucapkan salam perpisahan. Tetapi kita tetap memohon perlindungan kepada Allah Swt dari ucapan selamat tinggal pada iman kita, dan memohon perlindungan-Nya, agar iman dan tauhid kita tidak mengucapkan selamat tinggal pada hati kita.
Akhirnyan tinggalah kedua tangan, kedua kaki yang tidak bergerak, kedua mata yang tidak mampu melihat, kedua telingan yang tidak kuasa mendengar dan jasad tanpa roh yang membujur kaku. Andaikata lisan tanpa ucapan iman dan hati tanpa pengakuan kekuasaan Allah Swt. ketika menghembuskan nafas terakhir, maka bagaimanakan kondisi hamba yang mati itu ketika berada diruang lahad dengan kesendirian, tidak melihat siapapun, tanpa ayah, ibu, teman, saudara, anak dan berbaring kaku tanpa alas dan selimut. Andaikata yang mati itu tidaka melihat tuhannya(Allah Swt), maka benar-benar dia telah mengalami kerugian yang amat besar.
Imam Abu Hanifah berkata: “banyak sekali amal yang bisa melepaskan iman dari hamba ketika naza’ (dicabut nyawanya). Semoga Allah Swt. menyelamatkan kita semua dari terlepasnya iman.”

Sumber: Terjemahan Daqaiqul Akhbar

Belum ada Komentar untuk "Merinding.!! Saat Roh sudah Berada di Tenggorokan Semua Mengucapkan Kata-kata Ini Pada Anggota Tubuh Lainnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel