-->

Bersedekah, Ini 5 Kebaikan di Dunia

Islam adalah agama yang diridhai oleh Allah Swt dan sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta melalui Nabi Muhammad Saw, beliau selalu berbuat baik dengan amalan-amalan shaleh seperti bersedekah, karena islam dianjurkan bersedeqah dengan tujuan menolong sesama muslim yang sedang kesusahan lebih-lebih kepada sodara kita seiman dan seagama yang sedang menimpa musibah bencana yang sangat membutuhkan uluran tangan kita. Sedekah merupakan salah satu amal ibadah yang dicintai Rasulullah Saw, bukan hanya karena perintah Allah Swt dalam Al-Qur’an, namun juga karena sedekah memiliki banyak kebaikan.

 Diceritakan, Ketika Nabi Ayub As sedang mandi tiba-tiba Allah Swt mendatangkan seekor belalang emas dan hinggap di lengannya. Beliau menepis-nepis lengan bajunya agar belalang jatuh.

Lantas Allah berfirman, “Bukankah Aku lakukan begitu supaya kamu menjadi lebih kaya?”

Nabi Ayyub As menjawab, “Ya benar, wahai sang pencipta! Demi keagunganMU apalah makna kekayaan tanpa keberkahanMu.”

Kisah diatas menegaskan betapa pentingnya keberkahan dalam rezki yang dikaruniakan oleh Allah Swt. Kekayaan tidak akan membawa arti tanpa ada keberkahan. Dengan adanya keberkahan, harta dan Rezki yang sedikit akan terasa mencukupi. Sebaliknya tanpa keberkahan rezeki yang meskipun banyak akan terasakan sempit dan menyusahkan. Agar rezeki yang Allah Swt berikan kepada kita menjadi berkah, Rasulullah Saw menganjurkan kepada ummatnya untuk memperbanyak sedekah.

Sabda Rasulullah SAW, “Belilah semua kesulitanmu dengan bersedekah.”

 Dalam hadis lain, Rasulullah SAW menjelaskan,
  “Setiap awal pagi, semasa terbit matahari, ada dua malaikat menyeru kepada manusia di bumi. Yang satu menyeru, ‘Ya Tuhanku, karuniakanlah? ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Yang satu lagi menyeru ‘musnahkanlah orang yang menahan hartanya’.

Sedekah walaupun kecil tetapi amat begitu berharga di sisi Allah SWT. Orang yang bakhil dan kikir dengan tidak menyedekahkan sebagian hartanya ia menganggap bahwa hal itu adalah hal yang membuang-buang uang saja. Padahal sejatinya orang yang bersedekah untuk kepentingan dirinya. Sebab, menginfakkan(belanjakan) harta akan memperoleh lima kebaikan didunia, yaitu:

1. Idkhalus surur yaitu memberikan kebahagian kepada fakir miskin, dan sebaik-baik amalan adalah member kebahagian kepada fakir miskin.

 2. Menjadi pemulus turunnya rezeki. Allah berfirman, “Katakanlah: ‘Sesungguhnya Rabb ku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki Nya di antara hamba-hamba Nya. Dan menyempitakan bagi (siapa yang dikehendakiNya)’. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantikannya dan Dial ah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

Rasulullah Saw bersabda dalam hadis Qudsi, “Wahai anak Adam, bersedekahlah, niscaya Aku member rezeki kepadamu.” ( Abu Daud).

Khalifah Ali bin Abi Thalib menyatakan, “Pancinglah rezeki dengan sedekah.” Allah menjanjikan balasan bagi orang-orang yang gemar bersedekah, harta yang dikeluarkannya untuk bersedekah akan Allah gantikan dengan kabaikakan berlipat ganda.

Sedekah sama sekali tidak akan mengurangi jumlah harta kita, sebaliknya sedekah justru akan mendatangkan kabaikan dan balasan Allah bagi kita, agaknya harta kita akan Allah tambah berlipat-lipat, Bagai sebutir benih yang ditanam menghasilkan 10 cabang,yang pada tiap-tiap cabang itu terjurai seratus biji, satu kita sedekahkan bisa menghasilkan Sembilan belas lainnya, demikian matematika sedekah yang pernah diutarakan oleh Ustd Yusuf Mansur. Dan juga Sudah banyak orang sukses yang merumuskan teori seperti; “Makin banyak memberi, makin banyak menerima”. Keluarkan sebagian harta Anda untuk sedekah dan tunggulah, sesungguhnya akan datang lebih banyak ganti yang diberikan oleh Allah. Itulah mengapa orang-orang sukses kelas dunia (Donald Trump, Warren Buffet, Bill Gates, dll) berlomba-lomba menyumbangkan sebagian harta atau pun penghasilan dari bisnisnya untuk kegiatan sosial. Dan Anda lihat, bukannya bangkrut, malah bisnis mereka semakin besar.

 3. Sedekah dapat menolak bala. Rasulullah SAW bersabda, “Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului sedekah.”

4. Sedekah dapat menyembuhkan penyakit. Rasulullah SAW menganjurkan, “Obatilah penyakitmu dengan sedekah.”

5. Sedekah dapat menunda kematian dan memperpanjang umur kata Rasulullah SAW, “Perbanyaklah sedekah. Sebab, sedekah bisa memanjangkan umur.”

Mengapa semua itu bisa terjadi? Sebab, Allah SWT mencintai orang-orang yang bersedekah. Kalau Allah sudah mencintai seseorang hambaNya, Maka tidak ada persoalan yang tidak bisa diselesaikan, tidak ada permintaan dan doa yang Allah tidak kabulkan, serta tidak ada dosa yang Allah tidak ampuni, dan hamba tersebut akan meninggal dunia dalam keadaan Husnul Khatimah (baik) Kekuatan dan kekuasaan Allah jauh lebih besar dari persolan yang dihadapi manusia. Lalu, kalau kebaikan sedekah begitu dahsyatnya, masihkah kita belum juga bergerak untuk bersedekah? Wallahhu a’lam bis-shawab.

Belum ada Komentar untuk "Bersedekah, Ini 5 Kebaikan di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel