-->

Menurut Kitap Kuno: Ini yang Akan Terjadi Bila Gempa di Waktu Subuh

BANDA ACEH - Gempa berkekuatan 6,4 SR terjadi di Aceh sekitar pukul 05.03 WIB. BMKG merilis data Gempa Mag:6.4 SR,07-Dec-16 05:03:36 WIB, Kedalaman 10 Km,(18 km TimurLaut KAB-PIDIE JAYA-ACEH )#BMKG.

Kolektor Naskah Kuno Aceh, Tarmizi A Hamid Rabu (7/12/2016), sesaat setelah gempa mengatakan, dalam kita kuno disebutkan: "Bab Pemabahasan Tentang Gempa. Jika terjadi gempa di subuh pada bulan Rabiul Awwal pertanda akan terjadi kekacauan dan kelaparan dalam negeri tersebut. Jika gempa terjadi ketika shubuh maka akan dilanda dengan kelaparan dan morat marid didalam negeri tersebut. " Tarmizi A Hamid adalah kolektor naskah kuno Aceh di mana dalam naskah-naskah kuno tersebut terdapat juga informasi gempa Aceh masa lalu.

Menurutnya, dalam Tajjul Muluk, pada Bab Gempa juga banyak disebutkan ramalan-ramalan gempa. Kitap kuno yang ada pada koleksi Tarmizi A Hamid merupakan kitab abad 18. Meski demikian, Cek Midi, panggilan akrab Tarmizi A Hamid juga mengatakan para ulama terdahulu dan orang-orang zaman yang umumnya para sufi, sesungguhnya bukan meramal tentang kejadian-kejadian itu, namun mereka merekam jejak peristiwa terdahulu sebagai catatan-catatan sejarah. "Jadi jangan disalah artikan sebagai ramalah yang tidak menentu, ini catatan-catatan para orang terdahulu dari peristiwa yang sudah dialami. Jadi Jangan disalah pahamikan tentang hal ini," pungkasnya.

Ramalan itu disebutkan dalam beberapa momentum waktu di mana gempa terjadi. Beberapa orang meyakini itu sekedar ramalam orang terdahulu di Aceh yang dituturkan dalam syair dan beberapa bait-bait soal gempa. Ini menandakan gempa yang terjadi di Aceh sudah berulang kali sejak zaman dahulu. Terkait gempa shubuh tadi, beberapa grup komunitas di jejaring social dan media-media lainnya mereka menyebutkan gempa yang terjadi subuh tadi adalah untuk membangunkan orang agar segera menunaikan shalat shubuh. Sehinga shaf shalat shubuh adi menasah-menesah penuh pagi ini,ujar Muhammad Saman di jejaring komunitas wartawan di Aceh. Subur Dani, penyanyi etnik Aceh juga berkomentar ini mengajak orang shalat shubuh. "Kita dibangunkan untuk Shalat Shubuh," tulisnya di kanal WhatsApp wartawan.

[aceh.tribunnews.com]

Belum ada Komentar untuk "Menurut Kitap Kuno: Ini yang Akan Terjadi Bila Gempa di Waktu Subuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel